Pelaksanaan ITK Online, POLRES Cilacap Gandeng LP2M UNUGHA

Pelaksanaan ITK Online, POLRES Cilacap Gandeng LP2M UNUGHA

Program reformasi birokrasi dan program reformasi internal telah terintegrasi dalam Grand Strategy Polri tahun 2005-2025 yang terbagi dalam 3 (tiga) tahap. Saat ini Grand Strategy Polri telah memasuki tahapan ke-3 Renstra Polri tahun 2015-2020 dengan strategi strive for excellent. Dalam rangka mewujudkan Grand Strategy Polri tersebut, Biro Reformasi Birokrasi Polri (RBP) dibantu bekerjasama dengan Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan untuk melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh, baik di lingkungan internal maupun eksternal, dengan menggunakan 7 (tujuh) prinsip, yaitu: kompetensi, responsif, perilaku, transparan, keadilan, efektivitas, dan akuntabilitas.

Untuk mendukung pengukuran kinerja dengan berbagai metodologi yang dipergunakan sehingga mendapatkan hasil yang cepat dan akurat, diperlukan dukungan aplikasi untuk membantu seluruh proses dari pengumpulan data hingga pemrosesan indeks sehingga menjadi nilai akhir yang akan menjadi rekomendasi dalam mewujudkan kinerja Polri secara objektif, fair, dan akurat.

Dalam rangka pensuksesan kegiatan tersebut, Polres Cilacap melalui Bagian Perencanaan memberikan kepercayaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNUGHA untuk melaksanakan survei. Survei tersebut melibatkan responden dari pihak internal POLRES Cilacap dan pihak eksternal yang terdiri dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh organisasi masyarakat serta pemerintahan kabupaten Cilacap.

“Survei ini dilaksanakan dibulan mei dan juni dengan durasi waktu yang ditentukan oleh POLRES Cilacap. Kami melibatkan 7 peneliti dari dosen UNUGHA Cilacap”, ujar M. Ridwan kepala bidang penelitian UNUGHA Cilacap

Hasil survei tersebut selanjutnya dikirim ke mabes POLRI untuk diolah menjadi laporan penelitian.

Leave a Reply